Setan - CERPEN

Elza Oka Triani

                  Kalian mempunyai sahabat? Pasti punya. Sahabat adalah seseorang  yang selalu ada untuk mu disituasi apapun, sahabat adalah orang yang mengerti akan dirimu yang sebenarnya . Aku memiliki seorang sahabat, dia seorang lelaki, sebut saja nama nya Setan. Nama sebenarnya bukanlah Setan, itu hanyalah sebuah nama panggilan sayang kami. Sedangkan dia memanggilku dengan sebutan Tai. Asal - usul nama  itu sendiri   berawal dari kita yang suka mengucapkan kata-kata yang tak pantas diucapkan,jadilah Setan dan Tai itu menjadi panggilan sayang kami.



                     Jikalau kami bertatap muka,dia selalu mencengkram tangan ku dan berkata “tuh kan segini mah gendut” aku berpasrah jika dia sudah meledek ku. Setan selalu bercerita kepadaku tentang kekasih nya, dan kekasih nya adalah sahabat ku sendiri.  Sahabatku sendiri untuk saat ini tidak ingin memiliki status  yang terikat dengan siapa pun, tetapi  Setan adalah seseorang yang sangat mementingkan sebuah status.  Aku pernah bertanya kepada setan, “apa pentingnya sebuah status coba? Kerenan juga sahabatan rasa pacaran” lalu setan menjawab, “ ya penting lah, kalo misalkan sahabat rasa pacaran,terus sahabat kita nya pacaran sama yang lain. Kita cuma bisa  merasakan tapi gabisa memiliki” lalu aku pun menjawab kembali, “ya harusnya ada komitmen diantara mereka lah”, “sakit nya lebih ya kalo kaya gitu? Makanya setan  lebih baik kalo pacaran itu punya status yang jelas”  jawab setan, lalu aku hanya terdiam.

                     Di sore hari menuju senja, Aku, sahabatku, dan Setan sudah membuat janji bahwa di sore ini kami akan pergi ke sebuah kedai ice cream. Aku tak tahu mengapa aku harus di ikut sertakan? Padahal yang memiliki masalah adalah mereka berdua, mungkin mereka ingin selalu berada di dekatku. Kami hanya memesan 3 gelas ice cream float, lalu mereka membicarakan masalah mereka, semakin lama diriku disini semakin terasa canggung karena apa yang mereka bicarakan adalah tentang kelanjutan hubungan mereka. Mengapa aku harus berada di tengah-tengah situasi ini?

                     Beberapa jam kemudian mereka beranjak dari duduk nya, lalu kulihat raut wajah mereka, wajah mereka menunjukan bahwa tidak ada yang baik-baik saja. Lalu mereka pergi begitu saja, melupakan seseorang yang terpaksa berada di tengah-tengah masalah mereka tetapi mereka meninggalkan ku begitu saja. Mereka pulang dengan kendaraan nya masing-masing. Diriku? Ah aku seperti biasa menggunakan angkutan umum, tetapi yang membuatku bingung adalah mereka tidak menatapku sama sekali, bagaimana dengan hubungan mereka? Banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang berkecamuk di pikiran ku.

                     Malam nya,aku mengirim pesan instan kepada setan dan bertanya apa yang terjadi pada sore tadi. Dan setan membalas “udah putus” dengan singkat jelas dan padat.  Lalu aku mengirimi Puisi kepada Setan yang diambil dari salah satu novel karya John Green yang berjudul The Fault in Our Stars.

”Aku jatuh cinta kepadamu,
dan aku tidak mau mengingkari diriku sendiri dari kenikmatan sederhana berkata jujur
Aku jatuh cinta kepadamu,
dan aku tahu bahwa cinta hanyalah teriakan ke dalam kekosongan,
dan pelupaan abadi tak terhindarkan,
dan kita semua sudah ditakdirkan,
dan akan ada hari ketika semua upaya kita kembali menjadi debu,
dan aku tahu matahari akan menelan satu-satu nya bumi yang kita miliki,
dan aku jatuh cinta kepadamu”


                     Keesokan hari nya pada saat pagi hari di dalam ruangan kelas yang sangat hening,  aku melihat sahabatku duduk dengan tenang seolah tidak terjadi apa-apa. Aku tak tahan untuk bertanya

“kamu putus sama si setan?”
“iya”
“kenapa?”
“saya nya pengen sendiri, gamau diganggu, pengen bebas”
“oalah, tapi kenapa harus ngelepas orang yang sayang sama kamu? Kamu udah nyakitin orang loh”
“saya juga masih sayang sama dia, tapi saya pengen yang biasa aja gamau punya status kaya gini”
“sayang banget ya”

                     Bagaimanapun ada orang yang tersakiti disini, dia terpaksa harus melepaskan orang yang dia sayang karena orang yang disayang meminta untuk dilepaskan.  Semua ini pasti sudah di atur oleh sang maha kuasa. Jika memang mereka adalah jodoh, mereka pasti akan di pertemukan kembali.







                     Raja siang pun kembali ke tempat persembunyian nya lalu digantikan oleh sang dewi malam,dan pada saat itu lah Setan berkunjung ke rumah ku. Kami menghabiskan malam dengan menonton film kartun produksi Disney yaitu Zootopia. Kami tertawa tak ada henti nya,rasa nya  dunia ini seakan-akan milik kami berdua, aku bersender di pundak Setan, lalu aku menggaruki kepala Setan yang botak, dia hampir tertidur dan Setan membelai rambut ku dengan sangat lembut, lalu Setan berkata padaku

“kenapa Setan malah lebih mentingin perasaan setan yang ga terbalas ini? kenapa Setan masih aja mikirin dia yang ga peduli sama Setan? Kenapa Setan masih aja datengin dia yang udah jelas-jelas dia ngusir Setan? padahal disamping Setan ini udah ada orang yang selalu ada untuk Setan.
yang peduli sama Setan.
Setan capek berjuang sendirian,Tai mau berjuang bareng Setan?”

                    Lalu pada saat itu juga aku langsung menganggukan kepala ku, aku tidak memikirkan apa resiko yang akan terjadi kedepan nya. Aku tahu diriku ini egois, aku hanya memikirkan bahwa diriku yang mencintai nya, aku tidak memikirkan bahwa diluar sana masih ada orang yang menyayangi nya. Aku tidak peduli dengan semua itu. Yang aku inginkan hanyalah dia seorang,Setan,  lalu lagu Fall For You yang dipopulerkan oleh Secondhand Serenade bersenandung dari bibir setan, dan malam ini pun menjadi malam terindah sepanjang sejarah hidupku.







find me !
instagram : weirdozakat
twitter : @oka_elza

Komentar

Posting Komentar

WRITE YOUR OPINION DOWN BELOW AFTER YOU READ THIS POST

Postingan Populer